RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Islam Tirtayasa
Kelas : VII (tujuh)
Semester : 1(satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (seni Rupa)
Alokasi waktu :
2 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
A.Standar Kompetensi :
1.
Mengapresiasi karya seni rupa
B.Kompetensi Dasar :
1.1. Mengidentifikasi
jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
C.Tujuan Pembelajaran :
Pada proses pembelajaran peserta didik dapat :
a)
Membedakan berbagai jenis karya
seni rupa dengan tepat setelah mengamati tayangan CD
b)
Menjelaskan pengertian, unsur,
fungsi dan makna karya seni rupa daerah setempat dengan tepat setelah
berdiskusi kelompok
c)
Menyebutkan jenis-jenis karya
seni rupa terapan dua dimensi dan tiga dimensi dengan tepat setelah berdiskusi
kelompok
d)
Menyebutkan 3 (tiga ) contoh
karya seni rupa terapan daerah setempat dengan tepat setelah berdiskusi
kelompok
D.
Materi Ajar :
Ø Jenis Karya seni rupa terapan daerah setempat :
·
Pengertian, unsur dan fungsi
seni
·
Jenis karya seni rupa 2 dan 3
dimensi
·
Ciri-ciri dasar seni rupa
terapan
·
Tujuan seni rupa terapan
E.
Metode Pembelajaran : Pendekatan CTL dan Life Skill
F Kegiatan
Pembelajaran :
1.
Pertemuan Pertama :
a.
Kegiatan Pendahuluan(5’)
·
Salam, doa dan presensi
·
Memotivasi : Menggunakan tayangan CD tentang jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
·
Apersepsi : Tanya
jawab sekitar wawasan seni rupa daerah setempat
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada peserta didik
b.
Kegiatan Inti(30’)
·
Guru membagi kelas menjadi 6
kelompok heterogen
·
Setiap kelompok mengamati dengan cermat tayangan CD tentang
berbagai jenis karya seni rupa terapan
daerah setempat
·
Setiap kelompok mendiskusikan tentang
pengertian, unsur, fungsi dan makna
karya seni rupa terapan daerah setempat dengan penuh tanggungjawab
·
Guru memfasilitasi dan memantau
pelaksanaan diskusi kelompok
·
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Setiap kelompok memberikan tanggapan pada kelompok lain yang
presentasi dengan santun
·
Peserta didik dari setiap kelompok mendapatkan nilai tambah,
apabila dapat memberikan tanggapan sesuai kaidah dan prinsip-prinsip serta
pengelompokan seni rupa menurut jenis, fungsi, makna dan tujuan penciptaan seni
rupa
·
Dengan berbagai media peserta
didik mendapatkan pemahaman bermakna tentang
keanekaragaman hasil karya seni rupa
terapan daerah sekitar
·
Peserta didik mendapat pengalaman
yang mendalam tentang jenis, bentuk, dan fungsi serta motif yang ada pada karya seni rupa terapan daerah
setempat melalui diskusi kelompok
c.
Kegiatan Penutup(5’)
·
Peserta didik membuat catatan
penting tentang keragaman karya seni rupa terapan daerah setempat selama diskusi
kelompok berlangsung
·
Peseta didik bersama guru membuat kesimpulan tentang karya seni rupa serta kekayaan jenis dan
fungsi seni rupa terapan daerah setempat
·
Guru menginformasikan tugas
untuk pertemuan yang akan datang
2.
Pertemuan Kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan(5’)
·
Salam, doa dan presensi
·
Memotivasi : Menggunakan tayangan CD tentang jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
·
Apersepsi : Guru secara acak menunjuk
peserta didik untuk menceritakan hasil pengamatan tentang karya seni rupa
terapan
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada peserta didik
b. Kegiatan Inti(30’)
·
Guru memantau kerja setiap
kelompok
·
Setiap kelompok mengamati dengan cermat tayangan CD tentang
berbagai jenis karya seni rupa terapan
daerah setempat
·
Setiap kelompok melaporkan
hasil diskusi tentang pengertian, unsur, fungsi dan makna karya
seni rupa terapan daerah setempat dengan penuh tanggungjawab
·
Guru mengawasi dan memantau
pelaksanaan laporan hasil revisi diskusi
setiap kelompok
·
Setiap kelompok memberikan tanggapan pada kelompok lain yang mempresentasikan hasil revisi diskusi kelompok
·
Peserta didik dari setiap kelompok mendapatkan nilai
tambah, apabila dapat memberikan tanggapan sesuai kaidah dan prinsip-prinsip
serta pengelompokan seni rupa menurut jenis, fungsi, makna dan tujuan
penciptaan seni rupa
·
Dengan berbagai media peserta
didik mendapatkan pemahaman bermakna tentang keanekaragaman hasil karya seni
rupa terapan daerah sekitar
·
Peserta didik mendapat
pengalaman yang mendalam tentang jenis, bentuk, dan fungsi serta motif
yang ada pada karya seni rupa terapan daerah setempat melalui diskusi
kelompok
c. Kegiatan Penutup(5’)
·
Peserta didik membuat catatan
penting selama diskusi berlangsung
·
Peseta didik bersama guru membuat kesimpulan tentang karya seni rupa
terapan daerah setempat
·
Guru menginformasikan tugas
untuk pertemuan yang akan datang
G.
Penilaian :
1.
INSTRUMEN/ BUTIR SOAL
Indikator Ketercapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Menjelaskan
pengertian,unsur-unsur dankaiadah seni rupa terapan daerah setempat
·
Menyebutkan
cabang-cabang seni rupa terapan dan contohnya
·
Menjelaskan
jenis,bentuk,fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah setempat
·
Menjelaskan
teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah setempat
|
Tes Tulis
|
Tes uraian
|
1.
Jelaskan pengertian seni rupa terapan dengan singkat !
2.
Sebutkan 3 ( tiga ) unsur seni rupa terapan !
3.
Sebutkan 3 (tiga) cabang seni rupa dan contohnya !
4.
Jelaskan perbedaan karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi dengan singkat !
5.
Tuliskan 3 (tiga ) contoh seni rupa terapan 2 dimensi yang dihasilkan
di daerahmu!
6.
Tuliskan 3 (tiga ) contoh seni rupa terapan 3 dimensi yang dihasilkan
di daerahmu!
7.
Jelaskan fungsi dari lima contoh seni rupa terapan pada
soal nomor 5 !
8.
Jelaskan fungsi dari lima contoh seni rupa terapan pada
soal nomor 6 !
9.
Sebutkan 3 (tiga) teknik pembuatan karya seni rupa
terapan yang ada di daerahmu ! Berilah penjelasan singkat !
10.
Jelaskan makna karya
seni rupa terapan dalam kehidupan masyarakat !
11.
|
2.
RUBRIK SENI RUPA TERAPAN
Indikator Ketercapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Memberikan penilaian yang tinggi terhadap
kreativitas pengrajin seni rupa terapan sebagai makhluk ciptaan Tuhan
· Memberikan
penilaian yang tinggi terhadap karya seni rupa terapan daerah setempat
· Memperoleh
manfaat setelah mempelajari karya seni
rupa terapan daerah setempat
|
Self assessment
|
Skala Likert
|
Setelah mengikuti pelajaran ini, refleksikan
dirimu dalam beberapa hal berikut ini.
Lingkarilah angka :
1 untuk
BELUM BAIK,
2 untuk CUKUP BAIK,
3 untuk
BAIK,
4 untuk SANGAT BAIK
sesuai dengan diri kalian !
1.
Bekerja sama
dengan teman sekelas
1 2 3
4
2.
Rasa percaya
diri dalam mengemukakan pendapat 1 2
3 4
3.
Bekerja dengan
penuh tanggungjawab 1 2
3 4
4.
Menghargai
pendapat teman sekelas 1 2
3 4
5.
Membuat tugas
secara mandiri 1 2 3
4
|
a.Kunci
Jawaban
1.
Seni rupa terapan adalah hasil
karya seni rupa yang dalam proses pembuatannya memperhatikan manfaat atau
kegunaan dalam kehidupan masyarakat.
2.
Tiga unsur seni rupa terapan
adalah garis,warna dan komposisi
3.
Tiga cabang seni rupa yaitu
seni lukis, seni patung dan arsitek
4.
Perbedaan karya 2 dimensi dan 3
dimensi adalah pada karya 2 dimensi dibatasi oleh dua ukuran panjang dan lebar
serta hanya dapat dilihat dari satu arah sedangkan pada karya 3 dimensi
dibatasi oleh tiga ukuran panjang, lebar dan isi serta dapat dilihat dari
segala arah
5.
Contoh karya seni rupa
2 dimensi adalah lukisan,ornament dan kaligrafi
6.
Contoh karya seni rupa 3
dimensi adalah candi, patung dan gapura
7.
Fungsi karya 2 dimensi pada
soal nomor 5 adlah untuk menambah keindahan/hiasan
8.
Fungsi karya 3 dimensi pada soal nomor 6 adalah untuk
menambah keindahan/hiasan dan kegunaan
9.
Teknik karya seni rupa adalah teknik
memahat,membutsir dan mengarsir
10.
Makna karya seni rupa terapan
dalam kehidupan masyarakat adalah membanu dan memudahkan aktifitas dalam
berkarya
b.Pedoman
Penskoran
Setiap jawaban benar nomor soal 1 s.d 10 masing-masing mendapat skor 3
sehingga skor maksimal adalah 3 x 10 =
30
Nilai Akhir ( NA ) = Skor
perolehan x 100
= ……
Skor maksimal
H. Sumber Belajar :
1.
BSE tentang Seni Budaya
2.
Buku referensi yang relefan
3.
Media Elektronik
4.
Nara sumber
5.
Lingkungan Sekitar
Serang, 31 Oktober 2013
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Hj. Tati Aliyati, S.Ag Hilda Noviyani, S.P
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pedidikan : SMP
Islam Tirtayasa
Kelas :
VII (tujuh)
Semester : 1 (satu)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA (SENI RUPA)
Alokasi waktu : 2 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
A.Standar Kompetensi :
2. Mengekpresikan diri melalui karya seni rupa
B.Kompetensi Dasar :
2.1 Menggambar bentuk dengan objek karya seni
rupa terapa dimensi dari daerah setempat
C.Tujuan Pembelajaran
:
Pada proses pembelajaran
peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian gambar
bentuk dengan tepat setelah membaca referensi seni rupa
2.
Menjelaskan teknik gambar
bentuk secara kreatif setelah diskusi
3.
Menentukan obyek gambar bentuk
seni rupa terapan 3 dimensi di lingkungan sekitar dengan tepat
4.
Membuat sket gambar bentuk sesuai komposisi benda kubistis dan
silindris yang
diamati dengan penuh
tanggungjawab
5. Menggambar bentuk benda silindris dan kubistis
dengan teknik arsir sesuai model.
6. Menyelesaikan
gambar bentuk benda silindris dan kubistis memnggunakan teknik
arsir dengan komposisi yang
tepat
D.Materi Ajar :
Ø
Gambar bentuk benda silindris
dan kubistis
·
Pengertian, teknik,kaidah dan media menggambar bentuk
·
Teknik membuat rancangan (sket)
alam benda
silindris dan kubistis
·
Teknik arsir dan pewarnaan
E.
Metode Pembelajaran : Pendekatan CTL dan Life Skill
F Kegiatan
Pembelajaran:
1.Pertemuan
Pertama :
a.
Kegiatan Pendahuluan(5’)
·
Salam, doa dan presensi
·
Memotivasi : Menggunakan tayangan CD tentang jenis karya seni rupa 3 dimebsi daerah
setempat
·
Apersepsi : Tanya jawab tentang gambar bentuk benda
silindris dan kubistis
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pada peserta didik
b. Kegiatan Inti(30’)
·
Guru memandu peserta didik
dalam pembentukan kelompok
·
Peserta didik mengamati dengan
cermat tayangan CD tentang gambar bentuk silindris dan kubistis
·
Setiapkelompok mendiskusikan
tentang pengertian, teknik dan media serta langkah-langkah gambar bentuk
·
Peserta didik menentukan model benda
silindris dan kubistis yang akan digambar
dengan tepat
·
Peserta didik menggambar sket
gambar benda model dengan cermat
·
Melalui pengamatan terhadap gambar
alam benda,peserta didik
termotifasi untuk berkarya/berkreasi
sket gambar bentuk
·
Peserta didik menentukan letak
/komposisi benda silindris/kubistis
·
Peserta didik tumbuh semangat berkompetisi dalam berkarya
gambar bentuk
·
Peserta didik saling memberi
tanggapan / karya yang dihasilkan
·
Peserta didik mendapatkan nilai
tambah, apabila dapat menciptakan gambar bentuk dengan teknik arsir
·
Dengan berbagai contoh gambar
alam benda peserta didik mendapatkan
pemahaman bermakna tentang proses penciptaan berkarya seni rupa gambar bentuk
·
Peserta didik mendapat
pengalaman yang mendalam tentang teknik pembuatan sket bentuk dasar benda
c.Kegiatan Penutup(5’)
·
Peserta didik membuat catatan
penting tentang pengertian, teknik, media dan langkah-langkah sket gambar
bentuk
·
Peseta didik bersama guru membuat kesimpulan tentang pengertian,
teknik, media dan langkah-langkah gambar bentuk
·
Guru menginformasikan tugas
untuk pertemuan yang akan datang
2.Pertemuan Kedua :
a.Kegiatan Pendahuluan(5’)
·
Salam, doa dan presensi
·
Memotivasi : Menggunakan tayangan CD tentang
jenis karya seni rupa 3 dimensi daerah setempat
·
Apersepsi : Tanya jawab tentang gambar bentuk benda
silindris dan kubistis
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada peserta didik
b. Kegiatan Inti(30’)
·
Menayangkan kembali CD tentang gambar bentuk
·
Menanyakan kesulitan dalam
pengerjaan tugas menggambar sket bentuk dasar benda
·
Melanjutkan tugas menggambar bentuk
dari sket yang sudah dibuat dengan menerapkan teknik arsir
·
Pengumpulan tugas dan penilaian
·
Peserta didik memberikan
memberikan tanggapan pada karya terbaik
·
Peserta didik mendapat
pengalaman bermakna tentang karya terbaik dari teman
Sekelas mengenai gambar bentuk silindris
dan kubistis
c.Kegiatan Penutup(5’)
·
Peserta didik membuat catatan
penting tentang karya terbaik hasil karya teman sekelas
·
Peseta didik bersama guru membuat kesimpulan tentang karya terbaik gambar
bentuk silindris dan kubistis
·
Guru menginformasikan pada peserta didik tugas untuk pertemuan yang
akan datang.
G.
Penilaian :
1.
INSTRUMEN/ BUTIR SOAL
Indikator Ketercapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Membuat sket /rancangan gambar bentuk bend silindris dan kubistis sesuai dengan model
· Membuat gambar bentuk benda silindris dan
kubistis sesuai model yang diamati memakai teknik arsir
|
Tes Unjuk kerja
Tes Unjuk kerja
|
Tes Uji Petik Kerja Produk
Tes Uji Petik Kerja Produk
|
1.
Buatlah sket / rancangan
gambar bentuk benda silindris dan kubistis sesuai model yang diamati dengan
menggunakan pensil !
2.
Buatlah gambar bentuk benda
silindris dan kubistis dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Ukuran Kertas A 4
b. Teknik arsir dengan
pensil seri B
|
1.
Rubrik Penilaian Uji Petik Produk
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
Jml
Skor Perolehan
|
NA
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. Huruf:
A = Penguasaan penggunaan alat
B = Komposisi
C = Teknik penyelesaian
D = Kebersihan
2. Nilai Akhir
= Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah
skor maksimal
Interpretasi Nilai Akhir (NA)
Angka Skor ( 1 s.d
100 )
1 = cukup (menyelesaikan tugas 40 s.d 59)
2 = baik ( menyelesaikan tugas 60 s.d 79)
3 = sangat baik (menyelesaikan tugas dengan baik 80 s.d 100
3.
RUBRIK GAMBAR BENTUK SILINDRIS DAN KUBISTIS
Indikator Ketercapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Memberikan penilaian yang tinggi terhadap
kreativitas menggambar bentuk
silindris dan kubistis
· Memberikan
penilaian yang tinggi terhadap teknik penyelesaian gambar bentuk
· Memperoleh
manfaat setelah mempelajari gambar
bentuk silindris dan kubistis yang ada di lingkungan sekitar
|
Self assessment
|
Skala Likert
|
Setelah mengikuti pelajaran ini, refleksikan
dirimu dalam beberapa hal berikut ini.
Lingkarilah angka :
1 untuk
BELUM BAIK,
2 untuk CUKUP BAIK,
3 untuk
BAIK,
4 untuk SANGAT BAIK
sesuai dengan diri kalian !
1.
Penguasaan alat
menggambar bentuk
1 2
3 4
2.
Rasa percaya
diri dalam membuat gambar bentuk 1 2
3 4
3.
Bekerja dengan
penuh tanggungjawab
1 2
3 4
4.
Menghargai karya
teman lain
1 2
3 4
5.
Membuat tugas
secara mandiri
1 2
3 4
|
H. Sumber Belajar :
1.
BSE tentang Seni Budaya
2.
Buku referensi yang relefan
3.
Media Elektronik/ cetak
4.
Nara sumber
5.
Lingkungan Sekitar
Serang, 7 November 2013
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
The Casinos of 2020 - DRMCD
BalasHapusThe 순천 출장샵 Casinos of 2020. casinos, video poker, roulette, and blackjack. Casinos, 화성 출장안마 video poker, roulette, and blackjack. Casino, video poker, roulette, and blackjack. Casino, video poker, 충청남도 출장샵 roulette, and blackjack. Casino, video 1xbet korean poker, roulette, and blackjack. 여주 출장안마